Rabu, 14 September 2011

Cara Menjaga Kesehatan Gigi

   Dalam kesempatan ini,saya akan memberikan beberapa tips menjaga kesehatan gigi.Sakit gigi adalah hal yang tidak diinginkan siapapun.Karena rasa sakitnya yang luar biasa.Mungkin dari teman-teman sekalian,pasti ada yang sudah pernah merasakan sakit gigi.Jika teman-teman tidak ingin sakit gigi,simak beberapa tips berikut ini.

1.Biasakanlah menyikat gigi minimal dua kali sehari,yaitu sesudah sarapan dan sebelum tidur pada malam hari.Ketika tidur,mulut kita tertutup dan menyebabkan air liur tidak bersirkulasi dan bakteri akan berkembang biak 2x lipat lebih banyak.Bakteri yang semakin banyak akan merusak gigi dan gusi.Jadi menyikat gigi sebelum tidur sangat penting untuk menghindari terjadinya gangguan gigi dan busi yang lebih buruk.

2.Sebaiknya sikatlah gigi setelah mengkonsumsi makanan yang manis dan lengket.Karena penyebab utama gigi berlubang adalah makanan  yang manis.Begitu juga dengan makanan yang lengket,bila tidak segera dibersihkan akan tertimbun dan semakin sulit dibersihkan nantinya.
3.Pilihlah sikat gigi yang mempunyai bulu sikat yang lembut.Ada beberapa orang beranggapan,semakin keras menyikat gigi semakin bersih.Anggapan ini sangatlah salah,karena bila kita terlalu keras menyikat gigi ,akan menyebabkan terkikisnya email(lapisan pelindung) gigi.

4.Lakukanlah cara menyikat gigi yang baik benar.Sikatlah gigi dari arah atas lalu ke bawah atau s\dari gusi ke gigi.

5.Ganti sikat gigi tiga bulan sekali atau bila bulu sikat sudah mekar.Penempatan sikat gigi pun harus diperhatikan.Letakkan sikat gigi di kamar mandi dengan menggunakan wadah tertutup untuk menghindari kontaminasi bakteri dan kuman.

6.Lakukanlah pemeriksaan ke dokter gigi secara rutin untuk mencegah timbulnya plak dan karang gigi yang tertimbun tebal,karena nantinya akan sulit dibersihkan.

7.Kurangilah mengkonsumsi makanan yang bayak mengandung gula dan makanan yang bisa menimbulkan warna pada gigi,seperti teh dan kopi.Hentikanlah kebiasaan merokok,karena selain membuat gigi berwarna kuning rokok juga bisa menyebabkan sakit gusi.

8.Jangan lupa juga membersihkan lidah pada saat menyikat gigi.Permukaan lidah menjadi tempat bertumbuhnya bakteri.Jadi,sebaiknya dibersihkan untuk mengurangi jumlah bakteri di dalam mulut.

9.Gunakan benang floss untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang terselip di antara gigi.

10.Perbanyak mengkonsumsi makan yang berperan sebagai pemutih gigi alami.Seperti buah dan sayuran.Bahan-bahan alami yang cukup efektif dalam membersihkan gigi diantaranya adalah apel,wortel dan seledri.

Semoga Tips Kesehatan di atas berguna untuk teman-teman.Sampai jumpa lagi di Tips Kesehatan berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar